Organisasi Bisnis dan Peluang Bisnis
BAB I
Abstrak
Abstrak
Organisasi
Bisnis ialah sekelompok manusia dalam satu wadah yang melakukan aktivitas
ekonomi untuk mencapai tujuan bersama yakni keuntungan. Oraganisasi Bisnis
memiliki beberapa macam bentuk, diantaranya;
Perusahaan/Badan
Usaha Perseorangan,
Perusahaan/Badan Usaha Persekutuan, yang
termasuk dalam Perusahaan Persekutuan adalah Firma dan Persekutuan
Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap, dan yang terakhir Perseroan Terbatas/PT/Korporasi/Korporat.
Banyak
wirausahawan yang tergelincir dan mengalami kebangkrutan pada usahanya. Hal ini
dikarenakan tidak mampunya bertahan dalam persaingan yang ketat serta strategi
pemasaran yang kurang baik. Bagaimana cara memulai usaha yang baik dan dengan
hasil yang baik pula. Misalnya dalam membangun bisnis kedai kopi hal-hal yang
perlu diperhatikan antara lain; Membuat konsep kedai, Menentukan target pasar, Menentukan
lokasi usaha, Menyiapkan peralatan serta perlengkapan untuk kedai, Membuat
daftar menu dll.
BAB II
Pendahuluan
Pendahuluan
Sulitnya mencari
pekerjaan karena sedikitnya lapangan kerja membuat banyak masyarakat
kebingungan melangsungkan hidup. Untuk itu tidak sedikit dari mereka yang
berpikir untuk membuka sebuah usaha. Akan tetapi minimnya pengetahuan tentang
bisnis membuat langkah mereka terhambat. Tulisan ini membahas tentang apa yang
dimaksud dengan bisnis dan apa saja macam-macam organisasi bisnis.
Dalam tulisan ini juga memuat
gambaran tentang bagaimana membuka usaha yang baik dan insyaallah mendatangkan
keuntungan. serta menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat
akan membuka usaha kedai kopi dan bagaimana strategi pemasaran yang baik. Demikianlah
tujuan dibuatnya tulisan ini untuk berbagi informasi tentang bisnis dan
memberikan anda inspirasi untuk membuka usaha baru.
BAB III
Landasan Teori
Landasan Teori
Secara
historis, kata bisnis diambil dari Bahasa Inggris “business”. Kata
business itu sendiri berasal dari kata
“busy” yang artinya “sibuk”. bisnis adalah melakukan aktivitas ekonomi untuk
mencapai suatu tujuan yaitu keuntungan.
Organisasi
berasal dari Bahasa Yunani yaitu “organon” yang artinya “alat”. Alat dalam
artian ini maksudnya tempat atau wadah. James
D. Mooney, mengemukaan bahwa organisasi ialah bentuk setiap
perserikatan/kelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama. Berarti organisasi
bisnis ialah sekelompok manusia dalam satu wadah yang melakukanaktivitas
ekonomi untuk mencapai tujuan bersama yakni keuntungan.
Perusahaan/Badan
Usaha Perseorangan,
Perusahaan ini didirikan oleh satu orang, pada umumnya bermodal kecil, hanya
memiliki sedikit pekerja, dan terbatasnya jenis serta jumlah produksi.
Perusahaan/Badan
Usaha Persekutuan,
yang termasuk dalam Perusahaan Persekutuan adalah Firma dan Persekutuan
Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap, keduanya sama-sama dijalankan
oleh dua orang atau lebih, hanya saja dalam Firma para pemilik modalnya
mendapat tanggung jawab yang sama rata sedangkan dalam CV tanggung jawab
terbesar dipegang oleh sekutu aktif dan sekutu pasif hanya menyetor modal saja.
Perseroan
Terbatas/PT/Korporasi/Korporat, organisasi bisnis ini memiliki badan
hukum resmi yang dimiliki minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya
berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi. Pemilik modal tidak
harus memimpin perusahaan, ia bisa menunjuk orang lain untuk menjadi pemimpin.
BAB IV
Pembahasan
Pembahasan
A.
Organisasi Bisnis
Secara
historis, kata bisnis diambil dari Bahasa Inggris “business”. Kata
business itu sendiri berasal dari kata
“busy” yang artinya “sibuk”. Sibuk dalam artian ini, maksudnya sibuk
mengerjakan aktivitas/pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Jadi, bisnis
adalah melakukan aktivitas ekonomi untuk mencapai suatu tujuan yaitu
keuntungan.
Organisasi
berasal dari Bahasa Yunani yaitu “organon” yang artinya “alat”. Alat dalam
artian ini maksudnya tempat atau wadah. James
D. Mooney, mengemukaan bahwa organisasi ialah bentuk setiap
perserikatan/kelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama. Secara garis
besar, organisasi berarti tempat atau wadah bagi sekelompok manusia untuk
mencapai suatu tujuan bersama.
Berdasarkan penjabaran diatas dapat kita
tarik kesimpulan bahwa organisasi bisnis ialah sekelompok manusia dalam satu
wadah yang melakukan aktivitas ekonomi untuk mencapai tujuan bersama yakni keuntungan.
B.
Macam-Macam Bentuk Organisasi Bisnis
1. Badan
Usaha Perseorangan
Seperti namanya, badan
usaha ini dimiliki oleh individu atau satu orang. Individu dapat memiliki badan
usaha ini tanpa izin atau tata cara apapun, semua orang bebas membuat bisnis
personal tanpa batasan untuk medirikannya. Biasanya bisnis ini dijalankan
dengan modal kecil, terbatasnya jenis serta jumlah produksi, memiliki tenaga
kerja sedikit, serta teknologi yang sederhana.
Ciri-ciri dan sifat
badan usaha perseorangan:
·
Relative mudah didirikan ataupun
dibubarkan
·
Tanggung jawab tidak terbatas dan dapat
melibatkan harta pemilik modal (pribadi)
·
Tidak ada pajak, yang ada hanyalah
pungutan dan retribusi
·
Keuntungan dinikmati sendiri
·
Sulit mengatur roda perusahaan karena
diatur sendiri
·
Bila keuntungan kecil, terkadang harus
mengorbankan penghasilan yang lebih besar.
·
Jangka waktu perusahaan ini tidak
terbatas atau bisa seumur hidup
·
Perusahaan sewaktu-waktu bisa dipindah
tangankan.
2. Perusahaan/Badan
Usaha Persekutuan
Seperti namanya
Perusahaan ini dijalankan lebih dari satu orang yakni bisa dua orang atau
lebih. Untuk mendirikan Perusahaan ini diperlukan izin khusus dari instansi
pemerintah yang terkait. Yang termasuk dalam Perusahaan Persekutuan adalah
Firma dan Perseroan Terbatas/PT/CV.
Firma adalah
perusahaan yang dijalankan oleh dua orang atau lebih, dan setiap pemilik modal
memiliki tanggung jawab yang sama rata terhadap perusahaan. Ciri-ciri dan sifat
Firma adalah sebagai berikut:
·
Apabila perusahaan tidak dapat membayar
hutang, maka setiap pemilik modal wajib membayarnya dengan harta pribadi.
·
Setiap anggota firma memiliki hak untuk
menjadi pemimpin perusahaan.
·
Seorang anggota tidak berhak memasukkan
anggota baru tanpa seizin anggota lainnya.
·
Keanggotaan firma melekat pada setiap
anggotanya dan berlaku untuk seumur hidup.
·
Seorang anggota mempunyai hak untuk
membubarkan firma
·
Untuk mendirikan firma tidak diperlukan
akte pendirian
·
Mudah memperoleh kredit usaha
Persekutuan
Komanditer/CV/ Commanditaire
Vennotschaap sama dengan Firma, CV juga dijalankan
oleh dua orang atau lebih. Akan tetapi didalam CV setiap pemilik modal tidak
memiliki tanggung jawab yang sama rata. Tanggung jawab yang lebih besar
dipegang oleh sekutu aktif yaitu sekutu yang aktif menjalankan perusahaan.
Sedangkan sekutu pasif hanya bertugas menyetorkan modal saja. Jika perusahaan
tidak mampu membayar hutang maka sekutu aktif harus membayar hutang dengan
harta pribadi. Berikut adalah ciri dan sifat CV:
·
Sulit bagi penyetor modal untuk menarik
modal yang telah disetor
·
Memiliki modal yang besar karena
didirikan banyak pihak
·
Ada anggota aktif yang memiliki tanggung
jawab tak terbatas dan ada anggota pasif yang hanya menunggu keuntungan
·
Relatif mudah didirikan
·
Kelangsungan hidup atau berdirinya CV
tidak menentu
3. Perseroan
Terbatas/PT/Korporasi/Korporat
Organisasi
bisnis ini memiliki badan hukum resmi yang dimiliki minimal dua orang dengan
tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta
pribadi. Pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, ia bisa menunjuk orang
lain untuk menjadi pemimpin. Berikut adalah ciri dan sifat PT:
·
Kewajiban terbatas pada modal tanpa
melibatkan harta pribadi
·
Modal dan ukuran perusahaan dalam skala
besar
·
Kelangsungan hidup PT ada di tangan
pemilik saham
·
Dapat dipimpin oleh orang yang tidak
memiliki saham
·
Kepemilikan mudah dipindah tangankan
·
Mudah mencari tenaga
kerja/karyawan/pegawai
·
Keuntungan dibagikan kepada pemilik
modal/saham dalam bentuk deviden
·
Kekuatan dewan direksi lebih besar
daripada pemegang saham
·
PT sulit untuk dibubarkan
·
Pajak berganda pada pajak
penghasilan/pph dan pajak deviden
C.
Mencari Peluang Bisnis
Berwirausaha
kini telah menjadi wabah di masyarakat kita. Sulitnya mencari pekerjaan menjadi
alasan orang-orang memilih jalan berwirausaha. Akan tetapi persaingan yang
ketat menyebabkan beberapa wirausahawan tergelincir dan berujung kebangkrutan.
Beberapa diantaranya tergelincir karena tidak dapat melihat peluang bisnis dan
strategi pemasaran yang kurang baik. Lalu bagaimanakah caranya memulai suatu
bisnis dengan baik dan dengan hasil yang baik pula? Saya akan memberikan satu
contoh, membuka bisnis warung kopi. Berikut ini adalah penggambarannya:
Bisnis Kedai Kopi
Mengingat Indonesia salah satu
Negara penghasil kopi terbaik didunia, tentu para masyarakatnya juga gemar
meminum kopi. Tumbuhnya berbagai jenis kopi ditanah Indonesia merupakan
anugerah dari Tuhan yang tentunya harus kita manfaatkan. Melihat antusias
masyarakat untuk menyesap berbagai jenis kopi tersebut, membuat bisnis kedai
kopi tidak pernah sepi pelanggan. Tentu ini sebuah peluang bagus bagi pemula
yang ingin terjun ke dunia usaha. Untuk memulai bisnis ini, perhatikanlah
point-point berikut ini:
·
Membuat
Konsep Kedai Kopi
Ketika anda ingin
membuka satu usaha, tentu anda harus menentukan konsep usaha terlebih dahulu
serta memilik gambaran yang mendetail untuk usaha anda. Seperti menentukan nama
kedai kopi, memilih menu yang sesuai dengan konsep kedai anda, dan menentukan
waktu operasional kedai anda. Misalnya setiap hari apa kedai anda buka, mulai
dari pukul berapa hingga pukul berapa, apakah ada pengecualian jam buka untuk weekend dan sebagainya.
·
Menentukan
Target Konsumen
Bisnis kopi di
Indonesia sekarang ini sudah menjadi sangat ketat, meskipun begitu setiap
pengusaha mempunyai target konsumen yang berbeda. Bila cafe kopi mewah membidik
konsumen kelas atas sebagai target konsumen yang potensial, maka anda dapat
membuat konsep yang lebih membumi namun tetap berkualitas untuk bisnis kedai
kopi anda. Harga yang terjangkau dan berkualitas bagus memiliki daya serap
konsumen yang lebih luas. Sehingga para
penggemar kopi baik tua maupun muda, pria, wanita, pelajar, mahasiswa, pekerja
kantoran, pengusaha, kalangan biasa, dan kalangan atas akan berminat berkunjung
ke kedai kopi anda. Hal ini cukup menjanjikan.
·
Tentukan
Lokasi Usaha
Untuk menghemat modal,
anda bisa merintis bisnis kedai kopi anda dengan menggunakan halaman rumah atau
garasi mobil sebagai lokasi usaha anda. Sehingga anda tidak perlu membayar
mahal untuk menyewa lokasi setiap bulan. Namun untuk yang tidak memiliki
halaman ataupun garasi mobil, anda boleh menyewa lokasi dengan beberapa
pertimbangan mengenai harga sewa, letaknya strategis atau tidak, serta bersih
atau tidaknya lingkungan tempat yang akan anda sewa. Lingkungan yang bersih
akan membuat pelanggan lebih nyaman.
·
Siapkan
Peralatan dan Perlengkapan Usaha
Furniture sangat
berperan penting untuk menunjang keindahan kedai anda. Seperti meja dan kursi
bamboo, tikar untuk lesehan, perlatan untuk membuat kopi serta berbagai macam
perabotan makan (cangkir, gelas, piring, sendok, garpu dsb).
·
Membuat
Menu yang Beragam Untuk Memancing Pelanggan.
Biasanya menu andalan
sebuah kedai kopi adalah jenis minuman kopi yang beragam serta makanan ringan sebagai
teman santai. Dalam hal ini anda bisa menyajikan minuman kopi dari berbagai
daerah sebagai menu andalan kedai anda misalnya mengenalkan kopi Toraja, kopi
Aceh, kopi Lampung, kopi Bangka, kopi Luwak, kopi Klothok, kopi buah, capucino,
mocca, latte, kopi jahe dll. Untuk makanan ringan, anda bisa menyajikan waffle,
short cake, roti bakar, roti goreng isi ice cream dll.
·
Merekrut
Tenaga Kerja
Ketika anda ingin
membuka suatu usaha, anda tidak mungkin menjalankannya sendirian. Anda butuh
pekerja untuk membantu. Carilah pekerja yang loyal dan dapat menjadi orang
kepercayaan anda. Atau jika bisa, carilah pekerja yang mengerti banyak tentang
kopi dan cara membuat kopi yang baik, sehingga kualitas kopi dari kedai anda
akan lebih baik.
·
Melengkapi
Kedai dengan Fasilitas yang Memadai
Selain menawarkan aneka
minuman kopi yang beragam, serta makanan ringan sebagai menu pendamping,
tentunya anda juga harus memikirkan kenyamanan kedai anda. Karena itu,
perhatikanlah nyaman atau tidaknya tempat duduk pelanggan. Membuat fasilitas
umum seperti toilet, tempat parkir, dan mushola. Tambahkan juga fasilitas
seperti hotspot area, layar LCD, TV,
Wifi dsb. Mungkin fasilitas tambahan akan memakan lebih banyak modal, namun
percayalah jika pelanggan sudah merasa nyaman dengan kedai anda dia pasti akan
berkunjung kembali. Dan mungkin ia akan mengajak serta merekomendasikan kedai
anda kepada teman beserta keluarganya
untuk berkunjung.
Kelebihan Bisnis
Sang
Pencipta telah memberkahi Indonesia dengan limpahan potensi kopi di berbagai
penjuru nusantara. Hal ini cukup memudahkan para pelaku usaha untuk memenuhi
kebutuhan bahan baku kopi bagi perkembangan bisnis yang tengah mereka rintis .
Indonesia tercatat sebagai salah satu Negara penghasil kopi dengan taraf
Internasional. Sehingga kita dapat memiliki kualitas terbaik tanpa harus
mengimpor bahan baku dari luar negeri yang pastinya memakan cukup biaya.
Kopi juga merupakan salah satu
minuman favorit bagi seluruh kalangan masyarakat. Tidak terbatas hanya kaum
pria saja yang minum kopi. Dengan berbekal kreativitas, para pelaku usaha dapat
mengkombinasikan varian kopi. Sehingga anak muda, kaum wanita bahkan orang tau
juga mulai menyukai kopi karena tersedia pilihan kopi yang beragam dan sesuai
selera mereka.
Kondisi yang seperti ini menjadikan
prospek bisnis kedai kopi masih cukup bagus karena peluang pasar yang bisa anda
bidik sangatlah luas, sehingga tidak perlu khawatir dengan hadirnya café kopi
modern yang mengusung brand ternama luar negeri.
Kekurangan Bisnis
Ada
beberapa kendala dalam menjalankan bisnis ini diantaranya:
a. Ketatnya
persaingan pasar, dari pelaku bisnis sejenis seperti coffeshop ternama dari
luar negeri maupun kedai kopi dalam negeri yang bisnisnya dikelola dengan
sistem waralaba.
b. Kesalahan
dalam melayani dan menghitung orderan konsumen. Untuk meninimalisir terjadinya
hal ini, sebaiknya anda mempersilahkan pelanggan untuk mencatat sendiri
menu-menu yang dikehendaki, dan meminta uang bayaran ketika kita mengantarkan
menu yang dipesan pelanggan.
Staregi Pemasaran
a. Mulailah
dari mengabarkan orang terdekat tentang bisnis baru anda. Seperti pada keluarga
besar, tetangga, teman sekolah, teman kuliah, atau ke komunitas yang masih
aktif anda ikuti. Hal ini cukup efektif mengingat kedai kopi banyak digunakan
komunitas tertentu untuk berkumpul misalnya komunitas pecinta sepeda, penggemar
otomotif dll.
b. Pasanglah
spanduk besar didepan tempat usaha anda agar masyarakat yang lewat mengetahui
bisnis anda tersebut dan tertarik untuk mampir.
c. Jika
lokasi anda kurang strategis dan terpencil, anda bisa menggunakan internet
untuk memasarkan bisnis anda. Promosi lewat internet dapat meminimkan biaya
pemasaran. Yang terpenting, pasang foto terbaik menu kopi anda dan beri
deskripsi yang mudah dimengerti masyarakat serta usahakan untuk tetap menjaga
kepercayaan mereka.
d. Gunakan
brosur sebagai sales berjalan. Sebarkan brosur ketempat-tempat ramai semisal
mall, kampus, dan tempat lainnya yang sesuai dengan target pasar yang anda
bidik.
e. Berikan
diskon menarik untuk memancing pelanggan. Misalnya diskon 10% untuk pelanggan
yang mempunyai kartu member, memberikan gratis secangkir kopi bagi konsumen
yang mengumpulkan 5 lembar struk pembayaran, atau memberikan paket makan dan
minum gratis bagi seorang pelanggan yang telah membawa 6 temannya menikmati
aneka menu di kedai anda.
Kunci Kesuksesan
Kunci sukses bisnis kedai kopi tentu
berasal dari kualitas rasa yang ditawarkan. Selain itu faktor lain yang
mendukung kesuksesan bisnis ini atara lain:
·
Kenyamanan tempat dan suasana yang
ditawarkan
·
Konsep yang dikemas secara menarik
·
Merangkul komunitas - komunitas yang ada
disekitar lingkungan untuk meramaikan kedai anda setiap hati
BAB V
Kesimpulan
Organisasi
Bisnis ialah sekelompok manusia dalam satu wadah yang melakukan aktivitas
ekonomi untuk mencapai tujuan bersama yakni keuntungan. Oraganisasi Bisnis
memiliki beberapa macam bentuk, diantaranya;
Perusahaan/Badan
Usaha Perseorangan,
Perusahaan ini didirikan oleh satu orang, pada umumnya bermodal kecil, hanya
memiliki sedikit pekerja, dan terbatasnya jenis serta jumlah produksi.
Perusahaan/Badan
Usaha Persekutuan,
yang termasuk dalam Perusahaan Persekutuan adalah Firma dan Persekutuan
Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap, keduanya sama-sama dijalankan
oleh dua orang atau lebih, hanya saja dalam Firma para pemilik modalnya
mendapat tanggung jawab yang sama rata sedangkan dalam CV tanggung jawab
terbesar dipegang oleh sekutu aktif dan sekutu pasif hanya menyetor modal saja.
Perseroan
Terbatas/PT/Korporasi/Korporat, organisasi bisnis ini memiliki badan
hukum resmi yang dimiliki minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya
berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi. Pemilik modal tidak
harus memimpin perusahaan, ia bisa menunjuk orang lain untuk menjadi pemimpin.
Banyak
pengusaha yang tergelincir dari bisnis mereka karena persaingan yang ketat dan
strategi pemasarang yang kurang baik. Bagaimana memulai satu bisnis yang baik
dan dengan hasil yang baik pula? Berikut adalah gambarannya:
Bisnis Kedai
Kopi, Indonesia
diberkahi kopi yang melimpah di beberapa penjuru nusantara. Indonesia juga
menjadi salah satu Negara penghasil kopi terbaik. Maka akan sangat
menguntungkan jika membuka usaha kedai kopi di Negara yang mayoritas
penduduknya merupakan penggemar kopi seperti Indonesia ini. Hal-hal yang perlu
diperhatikan saat akan memulai bisnis kopi:
·
Membuat
konsep kedai kopi
·
Menentukan
target konsumen
·
Menentukan
lokasi usaha
·
Siapkan
peralatan dan perlengkapan usaha
·
Membuat
menu yang beragam untuk memancing pelanggan
·
Merekrut
tenaga kerja
·
Melengkapi
kedai dengan fasilitas memadai
Strategi
Pemasaran
·
Mengabarkan
orang terdekat tentang bisnis yang baru anda rintis
·
Pasang
spanduk besar di depan tempat usaha anda
·
Gunakan
internet untuk mempromosikan kedai anda
·
Gunakan
brosur sebagai sales berjalan
·
Berikan
diskon menarik untuk memancing pelanggan
DAFTAR PUSTAKA
Untuk dimana broker ACY ini yang ane lihat memang baik, dimana bonus promo yang menarik, dimana ane kurang tertarik untuk gabung bersama ACY, karena untuk dimana leverage yang kecil, spread yang agar tinggi, semoga untuk dimana broker ACY ini dapat di kembangkan kembali deh agar ane dapat lebih tertarik lagi untuk gabung bersama ACY
BalasHapus