SISTEM PERDAGANGAN INTERNASIONAL
A.
EROPA
1. Jerman (Germany)
Jerman
tergolong negara industri paling berprestasi dan paling maju perkembangannya,
dan merupakan perekonomian nasional terbesar keempat di dunia setelah Amerika
Serikat, Jepang dan Cina. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 82 juta jiwa,
Jerman merupakan pula pasaran terbesar di dalam Uni Eropa (UE). Perekonomian
nasional Jerman terpusatkan pada barang dan jasa yang diproduksi oleh industri.
Terutama hasil produksi industri konstruksi mesin dan industri otomotif serta
produk-produk kimia dari Jerman dihargai baik di dunia internasional. Kurang
lebih setiap Ero keempat diperoleh dalam sektor ekspor – dan lebih dari setiap
tempat kerja kelima tergantung secara langsung atau tidak langsung dari
perdagangan luar negeri. Dengan volume ekspor sebesar 1.121 miliar dolar AS
pada tahun 2009, sebanding dengan sepertiga dari penghasilan nasional bruto,
Jerman adalah negara pengekspor barang terbesar kedua di dunia sesudah Cina
(1.202 miliar dolar AS), setelah dari tahun 2003 hingga 2008 enam kali
berturut-turut Jerman mendapat sebutan “juara dunia ekspor”. Andil Jerman dalam
seluruh perdagangan global mencapai sekitar sembilan persen.
Karena
orientasi Jerman yang tinggi kepada ekspor, keterpautannya dengan perekonomian
dunia sangat erat, – hal yang membedakannya dengan kebanyakan negara lain – dan
Jerman pun berkepentingan akan pasaran terbuka. Mitra-mitra perdagangan
terpenting ialah Perancis, Belanda, Amerika Serikat dan Inggris. Pada tahun
2009 diekspor barang senilai 82 miliar Ero ke Perancis, senilai 54 miliar Ero
ke AS dan ke Belanda, dan senilai 53 miliar Ero ke Inggris. Setelah Uni Eropa
diperluas ke arah timur (2004 dan 2007), di samping perdagangan dengan negara
anggota UE “lama”, dapat dicatat peningkatan dalam volume perdagangan dengan
negara-negara anggota UE di Eropa Timur. Sepuluh persen lebih dari ekspor total
dilakukan ke negara-negara tersebut. Ekspor Jerman ke negara Uni Eropa mencapai
63 persen dari volume ekspor seluruhnya.
Yang
meningkat terus artinya juga ialah hubungan dagang dan ekonomi dengan
negara-negara Asia. Sementara ini Asia telah menjadi pasaran terpenting kedua
untuk penjualan barang produksi Jerman. Pada tahun 2009, 14 persen dari ekspor
Jerman ditujukan ke kawasan tersebut. Dalam hubungan dagang itu Cina adalah
partner terpenting. Di samping itu sejak tahun 1999 Jerman juga berperan
sebagai investor Eropa terbesar bagi Cina. Sekitar 2.500 perusahaan Jerman
berkegiatan di negara itu sebagai investor.
Berikut
ini faktor-faktor yang menyebabkan perekonomian di Jerman maju:
1. Ekonomi
pasaran berorientasi social, model yang berhasil
2. Penataan
kembali arsitektur keuangan internasional
3. Inovasi
pasaran untuk masa depan
4. Bidang
usaha yang kuat dalam industry dan jasa
5. Usaha
budaya dan kekreatifan yang maju
Grafik perkembangan perdagangan Jerman
1.
United Kingdom (U.K)
United
Kingdom adalah salah satu negara yang paling global. Ibu negaranya London adalah sebuah pusat kewangan utama untuk perdagangan dan perniagaan antar bangsa, yang terbesar sepertinya di dunia menurut Indeks Pusat Kewangan Global. Ekonomi British terdiri (dalam urutan saiz menurun) dari
ekonomi England, Scotland, Wales dan Ireland
Utara. Pada 1973, UK menyetujui Komuniti Ekonomi Eropa yang kini digelar Kesatuan
Eropa selepas ratifikasi Perjanjian Maastricht pada 1993. UK memasuki kemerosotan terburuk ekonominya
sejak Perang Dunia 2 pada 2009 tetapi memanjat balik ke dalam pertumbuhan pada
Q4 2009. Pemulihan dari kemerosotan ekonomi dijangka perlahan. Kerajaan UK
menjangka pertumbuhan tahunan pada 2010 di antara 1% dan 1.5%. Namun, kerajaan
juga meramalkan ekonomi UK akan bertumbuh di antara 3% dan 3.5% pada 2011,
pertumbuhan lebih kuat daripada rakan EU-nya. Namun IMF meramalkan yang UK cuma
akan bertumbuh 1.3% pada 2010 diikuti 2.5% pada 2011. Juga suatu
pantulan kuat dianggap dalam sektor perkilangan UK oleh kerana Pound British
telah jatuh terhadap Euro dan Dolar bermakna barangan British lebih murah di
luar negeri. Angka-angka terkini menunjukkan bahawa pengilangan UK menumbuh
pada tahap terpantasnya selama 15 tahun pada Q1 2010. OECD juga telah
menyatakan bahawa ekonomi UK bertumbuh lebih pantas dari semua anggota lain G7 selain dari Kanada.
Grafik Perkembangan Perdagangan Inggris
Neraca
Pembayaran di Eropa
A.
Amerika Serikat
Kinerja
Perdagangan Amerika Serikat pada periode 2006-2010 mencapai puncaknya pada
tahun 2008 dengan nilai total perdagangan mencapai US$ 3.4 triliun, komposisi
total ekspor tercatat sebesar US$ 1.2 triliun dengan nilai total impor mencapai
hampir dua kali lipat yaitu sebesar US$ 2.1 triliun, dengan demikian pada tahun
2008 tersebut pemerintah AS mencatat defisit perdagangan sebesar US$
816 miliar.Namundemikian krisis sektor keuangan pada tahun 2008 yang
melanda AS memberikan dampak terhadap penurunan kinerja perdagangan dengan
total perdagangan sebesar US$ 2.6 triliun pada tahun 2009, berkurang sebesar
US$ 775 miliar dibandingkan pada tahun 2008. (World Bank, 2010).
Gejala
penurunan kinerja perdagangan tersebut tentunya tidak hanya berdampak kepada AS
namun juga seluruh negara di dunia, hal ini melatarbelakangi dan meningkatkan
sikap kecenderungan beberapa negara untuk menerapkan kebijakan perdagangan yang
lebih proteksionis untuk melindungi pasar dalam negeri (inward looking
policy).Namun demikian, Presiden Obama, dalam pidatonya di State
Union pada 27 Januari 2010, menyampaikan pandangannya untuk menetapkan
tujuan yang ambisius terkait kebijakan perdagangan yaitu pertumbuhan nilai
ekspor AS yang ditargetkan dapat meningkat sebesar 2 (dua) kali lipat dalam jangka
waktu lima tahun (2010-2015), sehingga dapat menciptakan 2 juta tenaga kerja
baru bagi masyarakat AS (New York Times, 2010).
Kebijakan
Presiden Obama tersebut tentunya mendapat tantangan dan rintangan yang harus
dihadapi antara lain perlunya kebijakan-kebijakan yang riil dan
terobosan-terobosan baru dalam sektor perdagangan.
KEBIJAKAN
EKSPOR NASIONAL AS (NATIONAL EXPORT INITIATIVES)
Langkah
awal yang diambil pemerintahan Obama adalah dengan disusunnya The
President’s 2010 Trade Policy Agenda yang menggagas terbentuknya Export
Promotion Cabinet yang fokus dalam menyusun rekomendasi kebijakan yang
diperlukan untuk mencapai peningkatan nilai ekspor hingga 2 kali lipat dari US$
1.57 triliun tahun 2009 menjadi US$ 3.14 triliun pada tahun 2015, dan tentunya
diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat AS.
National
Export Initiatives (NEI) yang disusun oleh
Pemerintahan Obama ini bertujuan untuk dapat menganalisa dan memberikan
rekomendasi serta bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan guna
mencapai target ekspor yang ditentukan tersebut.
Adapun
fokus utama dan langkah-langkah perbaikan yang dilakukan oleh NEI meliputi:
1. Meningkatkan usaha advokasi dan
promosi perdagangan sehingga kegiatan promosi yang dilakukan melalui misi
dagang dapat didukung dengan baik.
2.
Meningkatkan akses atas fasilitas
pembiayaan ekspor (export financing);
3.
Menghilangkan hambatan-hambatan perdagangan
di negara mitra dagang AS;
4.
Menata dan menerapkan peraturan
perdagangan sesuai perjanjian dengan mitra dagang AS;
5. Menyusun kebijakan
perdagangan global untuk dapat mempromosikan pertumbuhan yang kuat,
berkelanjutan dan seimbang.
Grafik
Perkembangan Perdagangan US
Neraca Pembayaran US
A.
TIMUR TENGAH
Mesir telah dikembangkan dari awal kali sebagai sebuah Komunitas
multi-budaya, campuran dari tradisi Afrika
dan Timur Tengah, dengan pengaruh Eropa menyeberangi Laut Mediterania. Masyarakat Mesir
adalah toleran dan bersahabat dengan pemerintah yang terpilih secara
demokratis. 72 juta penduduk Mesir, tumbuh sebesar 2% per tahun, merupakan
pasar domestik besar untuk penanam modal. Hampir enam dari setiap 10 warga
Mesir berada di bawah 25. Mereka sangat antusias, berpendidikan, melihat ke
depan dan terbuka untuk peluang baru. Mereka menerima pendidikan yang
menyeluruh dan semakin banyak yang memperoleh derajat dan keterampilan khusus
dan pelatihan untuk mengambil keuntungan dari karier baru yang membuka.
Selama berabad-abad, Mesir
telah menghasilkan pekerja berkualifikasi tinggi, disesuaikan dengan
kebutuhan zaman, berpengetahuan dan kreatif. 21 juta pekerja saat ini telah
menguasai berbagai jika keterampilan. Sekitar 58 persen dari total penduduk di
bawah usia 25, sedangkan 41 persen adalah antara 15 dan 39.
Budaya mereka dan
menghormati sejarah yang mengakar dalam hubungan Mesir telah ditempa dengan Eropa, Asia dan dunia Arab.
Pada abad keempat SM Perpustakaan besar di Alexandria menjadi universitas
pertama di dunia, diakui sebagai modal di dunia intelektual dan komersial. Saat
ini lebih dari 800.000 orang mengunjungi Alexandrina Bibliotheca (Perpustakaan
Alexandria baru) tempat belajar, dialog dan toleransi yang mencerminkan
kontribusi Mesir terus perluasan pengetahuan.
Mesir berdiri di lokasi
yang strategis yang patut ditiru
menjembatani tiga benua Asia, Afrika dan Eropa - Pintu gerbang untuk beberapa
pasar terbesar di dunia dengan cara Dagang Perjanjian istimewa dan daerah.
Mesir adalah pusat dari suatu wilayah 800 juta orang dan sebuah pusat untuk
lalu lintas maritim di dunia dengan pelabuhan komersial di Mediterania dan Laut
Merah. Bandara Mesir sedang ditingkatkan untuk memenuhi meningkatnya arus
penumpang dan kargo serta jaringan jalan moderen lintas salib Mesir
menghubungkan Timur Tengah, Afrika dan, melalui negara tetangga, ke Eropa.
Para Ekonomi Mesir telah meningkat seperti tercermin dari
tingkat pertumbuhan riil sebesar 4,9 persen pada Produk domestik bruto. Produk
domestik bruto mencapai EGP 558 miliar, naik dari EGP 485.000.000.000.
Pengurangan bea masuk telah membuka pasar Mesir untuk Perdagangan luar negeri lebih dan
merangsang produsen dalam negeri. Prosedur bisnis telah efisien. Pajak
perusahaan dan pribadi telah dipotong secara dramatis dan sekarang lebih rendah
daripada di kebanyakan negara. Aset negara di semua sektor bisnis yang
ditransfer ke sektor swasta. Perusahaan sedang direstrukturisasi.
Biaya Melakukan Bisnis di
Mesir
sangat menguntungkan, terutama tenaga kerja dan biaya lahan. Listrik dan gas
adalah harga yang sangat kompetitif. Pergerakan barang sedang dipercepat dengan
sistem Transportasi yang lebih baik. Pelabuhan yang sedang
dimodernisasi.
Investasi
Lingkungan di Mesir. Departemen Investasi diciptakan
pada tahun 2004 dengan Keputusan Presiden sebagai badan pemerintah utama yang
menyediakan lingkungan yang kondusif untuk investasi di Mesir, meningkatkan
daya saing kegiatan ekonomi, mendorong dan meningkatkan peluang untuk investasi
lokal dan asing. Departemen
Investasi dibantu secara
langsung dan tidak langsung melalui organisasi afiliasinya dan bekerjasama
dengan departemen lain dan organisasi. Departemen Investasi mengawasi Pembesar
Umum untuk Zona Bebas dan Investasi, Otoritas Umum untuk Zona Utara ekonomi
Barat Teluk Suez, Otoritas Pasar Modal, Otoritas Asuransi Mesir Pengawas, yang
mortgage Finance Kewenangan) serta perusahaan induk dan perusahaan afiliasi di
sektor usaha publik.
Departemen
Investasi menerapkan kebijakan definitif untuk mempromosikan dan mengembangkan
investasi dengan
1.
Menciptakan lingkungan organisasi dan
legislatif cocok untuk investasi
2. Promosi
3. Kinerja
kemajuan pengukuran
Grafik
Perkembangan Perdagangan Mesir
Neraca Pembayaran Mesir
A.
Uni Soviet
Sistem
Perdagangan Rusia (Russian
Trading System atau RTS) adalah pasar saham didirikan pada tahun 1995 di Moskow, mengkonsolidasikan berbagai
lantai perdagangan regional menjadi satu pertukaran. Awalnya, RTS dibuat
sebagai sebuah organisasi nirlaba, kemudian diubah menjadi sebuah perusahaan
saham gabungan.
Bursa
Saham RTS menghitung dan menerbitkan 9 indeks: Indeks RTS, Indeks RTS-2, dan 7 indeks
sektoral. Indeks RTS dan Indeks RTS-2 dihitung dengan menggunakan dua daftar
berbeda dari saham. Pada tahun 2011, MICEX
bergabung dengan Russian Trading System (RTS) menciptakan MICEX-RTS.
Grafik Perkembangan
Perdagangan Uni Soviet (Rusia)
Neraca Pembayaran Uni Soviet
DAFTAR
PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar