Organisasi Bisnis dan Peluang Bisnis

BAB I
Abstrak
                Organisasi Bisnis ialah sekelompok manusia dalam satu wadah yang melakukan aktivitas ekonomi untuk mencapai tujuan bersama yakni keuntungan. Oraganisasi Bisnis memiliki beberapa macam bentuk, diantaranya;
Perusahaan/Badan Usaha Perseorangan, Perusahaan/Badan Usaha Persekutuan, yang termasuk dalam Perusahaan Persekutuan adalah Firma dan Persekutuan Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap, dan yang terakhir Perseroan Terbatas/PT/Korporasi/Korporat.
Banyak wirausahawan yang tergelincir dan mengalami kebangkrutan pada usahanya. Hal ini dikarenakan tidak mampunya bertahan dalam persaingan yang ketat serta strategi pemasaran yang kurang baik. Bagaimana cara memulai usaha yang baik dan dengan hasil yang baik pula. Misalnya dalam membangun bisnis kedai kopi hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain; Membuat konsep kedai, Menentukan target pasar, Menentukan lokasi usaha, Menyiapkan peralatan serta perlengkapan untuk kedai, Membuat daftar menu dll.


BAB II
Pendahuluan
          Sulitnya mencari pekerjaan karena sedikitnya lapangan kerja membuat banyak masyarakat kebingungan melangsungkan hidup. Untuk itu tidak sedikit dari mereka yang berpikir untuk membuka sebuah usaha. Akan tetapi minimnya pengetahuan tentang bisnis membuat langkah mereka terhambat. Tulisan ini membahas tentang apa yang dimaksud dengan bisnis dan apa saja macam-macam organisasi bisnis.
            Dalam tulisan ini juga memuat gambaran tentang bagaimana membuka usaha yang baik dan insyaallah mendatangkan keuntungan. serta menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat akan membuka usaha kedai kopi dan bagaimana strategi pemasaran yang baik. Demikianlah tujuan dibuatnya tulisan ini untuk berbagi informasi tentang bisnis dan memberikan anda inspirasi untuk membuka usaha baru.

BAB III
Landasan Teori
Secara historis, kata bisnis diambil dari Bahasa Inggris “business”. Kata business  itu sendiri berasal dari kata “busy” yang artinya “sibuk”. bisnis adalah melakukan aktivitas ekonomi untuk mencapai suatu tujuan yaitu keuntungan.
Organisasi berasal dari Bahasa Yunani yaitu “organon” yang artinya “alat”. Alat dalam artian ini maksudnya tempat atau wadah. James D. Mooney, mengemukaan bahwa organisasi ialah bentuk setiap perserikatan/kelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama. Berarti organisasi bisnis ialah sekelompok manusia dalam satu wadah yang melakukanaktivitas ekonomi untuk mencapai tujuan bersama yakni keuntungan.
Perusahaan/Badan Usaha Perseorangan, Perusahaan ini didirikan oleh satu orang, pada umumnya bermodal kecil, hanya memiliki sedikit pekerja, dan terbatasnya jenis serta jumlah produksi.

Perusahaan/Badan Usaha Persekutuan, yang termasuk dalam Perusahaan Persekutuan adalah Firma dan Persekutuan Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap, keduanya sama-sama dijalankan oleh dua orang atau lebih, hanya saja dalam Firma para pemilik modalnya mendapat tanggung jawab yang sama rata sedangkan dalam CV tanggung jawab terbesar dipegang oleh sekutu aktif dan sekutu pasif hanya menyetor modal saja.

Perseroan Terbatas/PT/Korporasi/Korporat, organisasi bisnis ini memiliki badan hukum resmi yang dimiliki minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi. Pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, ia bisa menunjuk orang lain untuk menjadi pemimpin.

BAB IV
Pembahasan

A.   Organisasi Bisnis
Secara historis, kata bisnis diambil dari Bahasa Inggris “business”. Kata business  itu sendiri berasal dari kata “busy” yang artinya “sibuk”. Sibuk dalam artian ini, maksudnya sibuk mengerjakan aktivitas/pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Jadi, bisnis adalah melakukan aktivitas ekonomi untuk mencapai suatu tujuan yaitu keuntungan.

Organisasi berasal dari Bahasa Yunani yaitu “organon” yang artinya “alat”. Alat dalam artian ini maksudnya tempat atau wadah. James D. Mooney, mengemukaan bahwa organisasi ialah bentuk setiap perserikatan/kelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama. Secara garis besar, organisasi berarti tempat atau wadah bagi sekelompok manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama.

  Berdasarkan penjabaran diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa organisasi bisnis ialah sekelompok manusia dalam satu wadah yang melakukan aktivitas ekonomi untuk mencapai tujuan bersama yakni keuntungan.

B.   Macam-Macam Bentuk Organisasi Bisnis
1.      Badan Usaha Perseorangan
Seperti namanya, badan usaha ini dimiliki oleh individu atau satu orang. Individu dapat memiliki badan usaha ini tanpa izin atau tata cara apapun, semua orang bebas membuat bisnis personal tanpa batasan untuk medirikannya. Biasanya bisnis ini dijalankan dengan modal kecil, terbatasnya jenis serta jumlah produksi, memiliki tenaga kerja sedikit, serta teknologi yang sederhana.

Ciri-ciri dan sifat badan usaha perseorangan:
·        Relative mudah didirikan ataupun dibubarkan
·        Tanggung jawab tidak terbatas dan dapat melibatkan harta pemilik modal (pribadi)
·        Tidak ada pajak, yang ada hanyalah pungutan dan retribusi
·        Keuntungan dinikmati sendiri
·        Sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
·        Bila keuntungan kecil, terkadang harus mengorbankan penghasilan yang lebih besar.
·        Jangka waktu perusahaan ini tidak terbatas atau bisa seumur hidup
·        Perusahaan sewaktu-waktu bisa dipindah tangankan.

2.      Perusahaan/Badan Usaha Persekutuan
Seperti namanya Perusahaan ini dijalankan lebih dari satu orang yakni bisa dua orang atau lebih. Untuk mendirikan Perusahaan ini diperlukan izin khusus dari instansi pemerintah yang terkait. Yang termasuk dalam Perusahaan Persekutuan adalah Firma dan Perseroan Terbatas/PT/CV.
Firma adalah perusahaan yang dijalankan oleh dua orang atau lebih, dan setiap pemilik modal memiliki tanggung jawab yang sama rata terhadap perusahaan. Ciri-ciri dan sifat Firma adalah sebagai berikut:

·        Apabila perusahaan tidak dapat membayar hutang, maka setiap pemilik modal wajib membayarnya dengan harta pribadi.
·        Setiap anggota firma memiliki hak untuk menjadi pemimpin perusahaan.
·        Seorang anggota tidak berhak memasukkan anggota baru tanpa seizin anggota lainnya.
·        Keanggotaan firma melekat pada setiap anggotanya dan berlaku untuk seumur hidup.
·        Seorang anggota mempunyai hak untuk membubarkan firma
·        Untuk mendirikan firma tidak diperlukan akte pendirian
·        Mudah memperoleh kredit usaha

Persekutuan Komanditer/CV/ Commanditaire Vennotschaap sama dengan Firma, CV juga dijalankan oleh dua orang atau lebih. Akan tetapi didalam CV setiap pemilik modal tidak memiliki tanggung jawab yang sama rata. Tanggung jawab yang lebih besar dipegang oleh sekutu aktif yaitu sekutu yang aktif menjalankan perusahaan. Sedangkan sekutu pasif hanya bertugas menyetorkan modal saja. Jika perusahaan tidak mampu membayar hutang maka sekutu aktif harus membayar hutang dengan harta pribadi. Berikut adalah ciri dan sifat CV:

·        Sulit bagi penyetor modal untuk menarik modal yang telah disetor
·        Memiliki modal yang besar karena didirikan banyak pihak
·        Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tak terbatas dan ada anggota pasif yang hanya menunggu keuntungan
·        Relatif mudah didirikan
·        Kelangsungan hidup atau berdirinya CV tidak menentu

3.      Perseroan Terbatas/PT/Korporasi/Korporat
Organisasi bisnis ini memiliki badan hukum resmi yang dimiliki minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi. Pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, ia bisa menunjuk orang lain untuk menjadi pemimpin. Berikut adalah ciri dan sifat PT:

·        Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi
·        Modal dan ukuran perusahaan dalam skala besar
·        Kelangsungan hidup PT ada di tangan pemilik saham
·        Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki saham
·        Kepemilikan mudah dipindah tangankan
·        Mudah mencari tenaga kerja/karyawan/pegawai
·        Keuntungan dibagikan kepada pemilik modal/saham dalam bentuk deviden
·        Kekuatan dewan direksi lebih besar daripada pemegang saham
·        PT sulit untuk dibubarkan
·        Pajak berganda pada pajak penghasilan/pph dan pajak deviden

C.   Mencari Peluang Bisnis
Berwirausaha kini telah menjadi wabah di masyarakat kita. Sulitnya mencari pekerjaan menjadi alasan orang-orang memilih jalan berwirausaha. Akan tetapi persaingan yang ketat menyebabkan beberapa wirausahawan tergelincir dan berujung kebangkrutan. Beberapa diantaranya tergelincir karena tidak dapat melihat peluang bisnis dan strategi pemasaran yang kurang baik. Lalu bagaimanakah caranya memulai suatu bisnis dengan baik dan dengan hasil yang baik pula? Saya akan memberikan satu contoh, membuka bisnis warung kopi. Berikut ini adalah penggambarannya:

Bisnis Kedai Kopi
            Mengingat Indonesia salah satu Negara penghasil kopi terbaik didunia, tentu para masyarakatnya juga gemar meminum kopi. Tumbuhnya berbagai jenis kopi ditanah Indonesia merupakan anugerah dari Tuhan yang tentunya harus kita manfaatkan. Melihat antusias masyarakat untuk menyesap berbagai jenis kopi tersebut, membuat bisnis kedai kopi tidak pernah sepi pelanggan. Tentu ini sebuah peluang bagus bagi pemula yang ingin terjun ke dunia usaha. Untuk memulai bisnis ini, perhatikanlah point-point berikut ini:
·        Membuat Konsep Kedai Kopi
Ketika anda ingin membuka satu usaha, tentu anda harus menentukan konsep usaha terlebih dahulu serta memilik gambaran yang mendetail untuk usaha anda. Seperti menentukan nama kedai kopi, memilih menu yang sesuai dengan konsep kedai anda, dan menentukan waktu operasional kedai anda. Misalnya setiap hari apa kedai anda buka, mulai dari pukul berapa hingga pukul berapa, apakah ada pengecualian jam buka untuk weekend dan sebagainya.

·        Menentukan Target Konsumen
Bisnis kopi di Indonesia sekarang ini sudah menjadi sangat ketat, meskipun begitu setiap pengusaha mempunyai target konsumen yang berbeda. Bila cafe kopi mewah membidik konsumen kelas atas sebagai target konsumen yang potensial, maka anda dapat membuat konsep yang lebih membumi namun tetap berkualitas untuk bisnis kedai kopi anda. Harga yang terjangkau dan berkualitas bagus memiliki daya serap konsumen yang lebih luas.  Sehingga para penggemar kopi baik tua maupun muda, pria, wanita, pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, pengusaha, kalangan biasa, dan kalangan atas akan berminat berkunjung ke kedai kopi anda. Hal ini cukup menjanjikan.

·        Tentukan Lokasi Usaha
Untuk menghemat modal, anda bisa merintis bisnis kedai kopi anda dengan menggunakan halaman rumah atau garasi mobil sebagai lokasi usaha anda. Sehingga anda tidak perlu membayar mahal untuk menyewa lokasi setiap bulan. Namun untuk yang tidak memiliki halaman ataupun garasi mobil, anda boleh menyewa lokasi dengan beberapa pertimbangan mengenai harga sewa, letaknya strategis atau tidak, serta bersih atau tidaknya lingkungan tempat yang akan anda sewa. Lingkungan yang bersih akan membuat pelanggan lebih nyaman.

·        Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Usaha
Furniture sangat berperan penting untuk menunjang keindahan kedai anda. Seperti meja dan kursi bamboo, tikar untuk lesehan, perlatan untuk membuat kopi serta berbagai macam perabotan makan (cangkir, gelas, piring, sendok, garpu dsb).

·        Membuat Menu yang Beragam Untuk Memancing Pelanggan.
Biasanya menu andalan sebuah kedai kopi adalah jenis minuman kopi yang beragam serta makanan ringan sebagai teman santai. Dalam hal ini anda bisa menyajikan minuman kopi dari berbagai daerah sebagai menu andalan kedai anda misalnya mengenalkan kopi Toraja, kopi Aceh, kopi Lampung, kopi Bangka, kopi Luwak, kopi Klothok, kopi buah, capucino, mocca, latte, kopi jahe dll. Untuk makanan ringan, anda bisa menyajikan waffle, short cake, roti bakar, roti goreng isi ice cream dll.

·        Merekrut Tenaga Kerja
Ketika anda ingin membuka suatu usaha, anda tidak mungkin menjalankannya sendirian. Anda butuh pekerja untuk membantu. Carilah pekerja yang loyal dan dapat menjadi orang kepercayaan anda. Atau jika bisa, carilah pekerja yang mengerti banyak tentang kopi dan cara membuat kopi yang baik, sehingga kualitas kopi dari kedai anda akan lebih baik.

·        Melengkapi Kedai dengan Fasilitas yang Memadai
Selain menawarkan aneka minuman kopi yang beragam, serta makanan ringan sebagai menu pendamping, tentunya anda juga harus memikirkan kenyamanan kedai anda. Karena itu, perhatikanlah nyaman atau tidaknya tempat duduk pelanggan. Membuat fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir, dan mushola. Tambahkan juga fasilitas seperti hotspot area, layar LCD, TV, Wifi dsb. Mungkin fasilitas tambahan akan memakan lebih banyak modal, namun percayalah jika pelanggan sudah merasa nyaman dengan kedai anda dia pasti akan berkunjung kembali. Dan mungkin ia akan mengajak serta merekomendasikan kedai anda kepada  teman beserta keluarganya untuk berkunjung.

Kelebihan Bisnis
            Sang Pencipta telah memberkahi Indonesia dengan limpahan potensi kopi di berbagai penjuru nusantara. Hal ini cukup memudahkan para pelaku usaha untuk memenuhi kebutuhan bahan baku kopi bagi perkembangan bisnis yang tengah mereka rintis . Indonesia tercatat sebagai salah satu Negara penghasil kopi dengan taraf Internasional. Sehingga kita dapat memiliki kualitas terbaik tanpa harus mengimpor bahan baku dari luar negeri yang pastinya memakan cukup biaya.
            Kopi juga merupakan salah satu minuman favorit bagi seluruh kalangan masyarakat. Tidak terbatas hanya kaum pria saja yang minum kopi. Dengan berbekal kreativitas, para pelaku usaha dapat mengkombinasikan varian kopi. Sehingga anak muda, kaum wanita bahkan orang tau juga mulai menyukai kopi karena tersedia pilihan kopi yang beragam dan sesuai selera mereka.
            Kondisi yang seperti ini menjadikan prospek bisnis kedai kopi masih cukup bagus karena peluang pasar yang bisa anda bidik sangatlah luas, sehingga tidak perlu khawatir dengan hadirnya café kopi modern yang mengusung brand ternama luar negeri.

Kekurangan Bisnis
            Ada beberapa kendala dalam menjalankan bisnis ini diantaranya:
a.      Ketatnya persaingan pasar, dari pelaku bisnis sejenis seperti coffeshop ternama dari luar negeri maupun kedai kopi dalam negeri yang bisnisnya dikelola dengan sistem waralaba.
b.      Kesalahan dalam melayani dan menghitung orderan konsumen. Untuk meninimalisir terjadinya hal ini, sebaiknya anda mempersilahkan pelanggan untuk mencatat sendiri menu-menu yang dikehendaki, dan meminta uang bayaran ketika kita mengantarkan menu yang dipesan pelanggan.

Staregi Pemasaran
a.      Mulailah dari mengabarkan orang terdekat tentang bisnis baru anda. Seperti pada keluarga besar, tetangga, teman sekolah, teman kuliah, atau ke komunitas yang masih aktif anda ikuti. Hal ini cukup efektif mengingat kedai kopi banyak digunakan komunitas tertentu untuk berkumpul misalnya komunitas pecinta sepeda, penggemar otomotif dll.
b.      Pasanglah spanduk besar didepan tempat usaha anda agar masyarakat yang lewat mengetahui bisnis anda tersebut dan tertarik untuk mampir.
c.      Jika lokasi anda kurang strategis dan terpencil, anda bisa menggunakan internet untuk memasarkan bisnis anda. Promosi lewat internet dapat meminimkan biaya pemasaran. Yang terpenting, pasang foto terbaik menu kopi anda dan beri deskripsi yang mudah dimengerti masyarakat serta usahakan untuk tetap menjaga kepercayaan mereka.
d.      Gunakan brosur sebagai sales berjalan. Sebarkan brosur ketempat-tempat ramai semisal mall, kampus, dan tempat lainnya yang sesuai dengan target pasar yang anda bidik.
e.      Berikan diskon menarik untuk memancing pelanggan. Misalnya diskon 10% untuk pelanggan yang mempunyai kartu member, memberikan gratis secangkir kopi bagi konsumen yang mengumpulkan 5 lembar struk pembayaran, atau memberikan paket makan dan minum gratis bagi seorang pelanggan yang telah membawa 6 temannya menikmati aneka menu di kedai anda.

Kunci Kesuksesan
            Kunci sukses bisnis kedai kopi tentu berasal dari kualitas rasa yang ditawarkan. Selain itu faktor lain yang mendukung kesuksesan bisnis ini atara lain:
·        Kenyamanan tempat dan suasana yang ditawarkan
·        Konsep yang dikemas secara menarik
·        Merangkul komunitas - komunitas yang ada disekitar lingkungan untuk meramaikan kedai anda setiap hati

BAB V
Kesimpulan
Organisasi Bisnis ialah sekelompok manusia dalam satu wadah yang melakukan aktivitas ekonomi untuk mencapai tujuan bersama yakni keuntungan. Oraganisasi Bisnis memiliki beberapa macam bentuk, diantaranya;

Perusahaan/Badan Usaha Perseorangan, Perusahaan ini didirikan oleh satu orang, pada umumnya bermodal kecil, hanya memiliki sedikit pekerja, dan terbatasnya jenis serta jumlah produksi.

Perusahaan/Badan Usaha Persekutuan, yang termasuk dalam Perusahaan Persekutuan adalah Firma dan Persekutuan Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap, keduanya sama-sama dijalankan oleh dua orang atau lebih, hanya saja dalam Firma para pemilik modalnya mendapat tanggung jawab yang sama rata sedangkan dalam CV tanggung jawab terbesar dipegang oleh sekutu aktif dan sekutu pasif hanya menyetor modal saja.

Perseroan Terbatas/PT/Korporasi/Korporat, organisasi bisnis ini memiliki badan hukum resmi yang dimiliki minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi. Pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, ia bisa menunjuk orang lain untuk menjadi pemimpin.

Banyak pengusaha yang tergelincir dari bisnis mereka karena persaingan yang ketat dan strategi pemasarang yang kurang baik. Bagaimana memulai satu bisnis yang baik dan dengan hasil yang baik pula? Berikut adalah gambarannya:

Bisnis Kedai Kopi, Indonesia diberkahi kopi yang melimpah di beberapa penjuru nusantara. Indonesia juga menjadi salah satu Negara penghasil kopi terbaik. Maka akan sangat menguntungkan jika membuka usaha kedai kopi di Negara yang mayoritas penduduknya merupakan penggemar kopi seperti Indonesia ini. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan memulai bisnis kopi:

·        Membuat konsep kedai kopi
·        Menentukan target konsumen
·        Menentukan lokasi usaha
·        Siapkan peralatan dan perlengkapan usaha
·        Membuat menu yang beragam untuk memancing pelanggan
·        Merekrut tenaga kerja
·        Melengkapi kedai dengan fasilitas memadai

Strategi Pemasaran

·        Mengabarkan orang terdekat tentang bisnis yang baru anda rintis
·        Pasang spanduk besar di depan tempat usaha anda
·        Gunakan internet untuk mempromosikan kedai anda
·        Gunakan brosur sebagai sales berjalan
·        Berikan diskon menarik untuk memancing pelanggan


DAFTAR PUSTAKA




Komentar

  1. Untuk dimana broker ACY ini yang ane lihat memang baik, dimana bonus promo yang menarik, dimana ane kurang tertarik untuk gabung bersama ACY, karena untuk dimana leverage yang kecil, spread yang agar tinggi, semoga untuk dimana broker ACY ini dapat di kembangkan kembali deh agar ane dapat lebih tertarik lagi untuk gabung bersama ACY

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW JURNAL 4

RESENSI NOVEL HARRY POTTER AND THE GOBLET OF FIRE

[Esai] Virus K-pop Membawa Pengaruh Positif dan Negatif terhadap Remaja Indonesia